KONSEP PENDIDIKAN ANIMAL EDUCANDUM
Yang
di maksud dengan animal enducandum adalah pendidikan manusia ,lewat pendidikan
manusia akan berkembang dan tumbuh serasi, selaras , seimbang dan seutuhnya.
Menurut
prof.Dr. Umar Tirtahardja dan Drs. La sula dalam bukunya: pengantar pendidikan(2000) menuturkan bahwa perbedaan antara manusia dengan binatang adalah pada
hakikatnya manusia memilki :
1. Kemampuan menyadari diri
2. Kemampuan berinteraksi
3. Pemilkan kata hati
4. Moral
5. Kemampuan bertanggung jawab
6. Rasa Kebebasan (kemerdekaan )
7. Kesediaan melaksanakan
kewajiban dan menyadari hak
8. Kemampuan menghayati
kebahagiaan
1. Diri Menyadari
Disebut juga Self ( aku-aku).Dampaknya dia mampu meletakkan jarak dirinya dengan lingkungan ( aku-lain,
makhluk lain )juga ia tetap berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan secara
:
Bereksistensi bisa dikatakan
aktualisasi diri atau mampu menampilkan diri secara fisik dan mental ( tampil
beda )
3. Kata Hati
Kata hati (conscience of man )
adalah kemampuan membuat keputusan tentang yang baik / benar dan buruk / salah
bagi manusia.
Kata
hati juga disebut juga dengan pelita hati, hati nurani, suara hati.agar dalam
hidup mampu melangkah dengan tepat harus memilki kata hati, yang tajam.
4. Moral
Berbicara tentang moral akan
mengkaitkan sejumlah istilah lain seperti norma,(aturan-aturan tertulis), nilai-nilai
(norma yang turun dari tuhan,jadi bersifat baik dan mulia, etika telah tentang
baik dan benar, etiket (sopan santun, bersifat sempit dan local) dan kemauan
dan dorongan pada manusia.
5. Tanggung jawab
Arti tanggung jawab telah di kaji di
depan .macam-macam tanggung jawab :
Tanggung
jawab pada diri sndiri.Sanksi dilakukan oleh kata hatinya sendiri (menyesal )
Tanggung
jawab pada masyarakat berhadapan dengan sanksi sosial seperti
dikucilkan,penjara dll.
Tanggung
jawab pada tuhan.seseorang akan berhadapan dengan dosa dan kutukan.
6. Rasa Kebebasan
Kebebasan setiap manusia selalu
berarti kebebasan yang terikat karena dalam kata kebebasan/ kemerdekaan
terkandung pengertian sesuai dengan tuntutan kodrat manusia.manusia itu sendiri
pada kodrat nya ( fitrah nya ) memiki
kata hatidan moral.
Kewajiban dan hak merupakan wujud
dari peran manusia sebagai makhluk sosial.
8. Kemampuan Menghayati
Kebahagiaan
Sebagian orang mengatakan bahwa kebahagiaan hanya bisa dirasakan tidak
bisa dipikirkan.dengan kata lain kebahagiaan bersifat irasional.
Langeveld juga mengatakan bahwa : Manusia adalah Animal
Educandum (binatang yang bisa di didik).
Bukan
hanya manusia saja yang perlu di didik,begitu juga dengan binatang semuanya
harus bisa di didik.manusia juga harus akrab dengan lingkungan atau dengan kata
lain harus cinta lingkungan.