Tuesday, January 31, 2012

contoh paragraf deduktif induktif naratif

Berikut ini adalah contoh paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf naratif.


Paragraf Deduktif

Paragraf yang meletakkan kalimat topiknya di bagian awal paragraf.
Contoh :

Arang aktif ialah sejenis arang yang diperoleh dari suatu pembakaran yang mempunyai sifat tidak larut dalam air. Arang ini dapat diproleh dari zat-zat tertentu, seperti ampas tebu, tempurung kelapa, dan tongkol jagung. Jenis arang ini banyak digunakan dalam beberapa industri pangan atau nonpangan. Industri yang meggunakan arang aktif adalah industi kimia dan farmasi, seperti pekerjaan memurnikan minyak, menghilangkan bau yang tidak murni, dan menguapkan at yang tidak perlu.



Paragraf Induktif

Paragraf yang meletakkan kalimat topiknya di bagian akhir paragraf.
Contoh :


Dua anak kecil ditemukan tewas di pinggir jalan Jenderal Sudirman. Seminggu kemudian seminggu kemudian seorang anak wanita hilang ketika pulang dari sekolah. Sehari kemudian polisi menemukan bercak-bercak darah di kursi belakang mobil John. Polisi juga menemukan potret dua orang anak yang tewas di jalan Jenderal Sudirman di dalam kantung celana John. Dengan demikian, John adalah orang yang dapat dimintai pertanggungjawaban tentang hilangnya tiga anak itu.




Paragraf Naratif

Paragraf yang semua kalimatnya merupakan gagasan utama / kalimat topik.
Contoh :


Pada tengah hari itu Pak Lurah dating. Bapak bupati datang ke tempat itu. Tiga jam kemudian kita melihat orang-orang berkumpul di arena itu. Tidak pula ketinggalan artis-artis muda belia. Para wartawan pun telah pula memanfaatkan waktu.